SEKILAS TENTANG SISTEM OPRASI



Definisi Sistem Operasi

Sofware yang mengontrol eksekusi program komputer dan dilengkapi dengan penjadwalan, penelusuran kesalahan, pengendalian input output, akunting, kompilasi, dan penyimpanan, manajemen data dan layanan hubungan.

Tujuan Sistem Operasi

·         Untuk memudahkan penggunaan komputer secara efisien.

·         Sistem operasi mengatur sumber daya sistem komputer yang mana seluruh sumber daya itu akan dikelola secara optimal.

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi

1.      Generasi Pertama (1945-1955)

Yaitu awal pengembangan sistem komputerisasi elektronik menggantikan ide-ide mesin mekanis.Pada generasi ini belum ada Sistem Operasi, Sistem Komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2.      Generasi Kedua (1955-1965)

Komputer masa ini adalah bath processing system, yaitu job dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan.

3.      Generasi Ketiga (1965-1980)

* Multi Programmming

yaitu membagi memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job yang berbeda. Satu job menunggu operasi I/O selesai, job lain menggunakan pemroses.

* Spooling

yaitu membuat periperal dapat diakses secara serentak dengan cara menyediakan beberapa partisi memori, saat terdapat permintaan layanan periperal, langsung diterima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (dalam antrian), kemudian dijadwalakan agar secara nyata dilayani oleh periperal.

* Time Sharing

adalah tiap pemakai mempunyai satu terminal on-line dengan pemroses hanya melayani pemakai yang aktif.

4.      Generasi Keempat (1980-199x)

* Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi diperuntukan jaringan komputer, dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang terhubung.

* Sistem Operasi Terdistribusi

Sistem operasi untuk jaringan komputer dengan pemakai tidak perlu menyadari keberadaan komputer yang terhubung, dimana pengalokasian kerja sudah secara otomatis dilakukan sistem operasi. Pemakai memandang jaringan komputer sebagai satu uni processor besar.

Sistem Komputer dalam Beragam Sudut Pandang

Pandangan ke sistem komputer dapat dikelompokkan menjadi 3.

1.     Pandangan User (pemakai awam)

Pemakai hanya mengetahui command language untuk memanggil atau memuat program aplikasi yang dipakainya.

2.      Pandangan Pemrogram

Layanan langsung sistem operasi terhadap pemrogram. Sistem call atau API (Aplication Programming Interface), adalah tata cara pemanggilan yang dapat dilakukan pemrogram untuk memperoleh pelayanan sistem operasi.

3.      Pandangan Pendukung Sistem Operasi

Perancang dituntuk untuk mengetahui cara menyeluruh perangkat keras dalam sistem komputer agar sistem operasi yang dirancangnya benar-benar berfungsi dan efisien pada perangkat tempat sistem operasi dijalankan.