Ticker

6/recent/ticker-posts

Statement percabangan switch - Pemograman Beorientasi Objek

 


switch_expression adalah ekspresi integer atau karakter dan case_selector1, case_selector2 dan seterusnya adalah konstanta unik dari nilai integer atau karakter.

Ketika pernyataan switch ditemukan pada potongan kode program, java pertama kali akan memeriksa switch_expression, dan menuju ke case yang akan menyamakan nilai yang dimiliki oleh switch_expression.

Selanjutnya program akan mengeksekusi pernyataan pada kode setelah case yang ditemukan switch_expression akan dibandingkan dengan case_selector1. Jika bernilai true maka akan lakukan perintah yang ada pada di blok dibawah case_selector1 yaitu statement1; statement2; Sampai menemui pernyataan break.

Sebaliknya jika perbandingan switch_expression dengan case_selector1 bernilai false, maka akan akan menuju ke case berikutnya yaitu case_selector2 untuk diuji lagi sebagaima pada pengujian case_selector1

Selanjutnya akan mengabaikan pernyataan yang lainnya hingga akhir dari struktur dari pernyataan switch.

Jika tidak ditemui case yang cocok, maka program akan mengeksekusi blok default. Sebagai catatan, bahwa bagian blok default adalah opsional. Sebuah pernyataan switch bisa jadi tidak memiliki blok kode default.

Contoh Program Swicth :
          int grade = 92;
     switch(grade){

      case 100:
      System.out.println( "Excellent!" );
      break;

      case 90:
      System.out.println("Good job!" );
      break;

      case 80:
      System.out.println("Study harder!" );
      break;
      default:
         System.out.println("Sorry, you failed.");
      }
Untuk penjelasan bisa di Program Switch bisa di akses di sini.

Post a Comment

0 Comments