Ticker

6/recent/ticker-posts

Struktur Kontrol Perulangan While loop - Pemograman Berorientasi Objek

 

Pada Pemrograman terstruktur, dimana setiap pernyataan dieksekusi setelah pernyataan sebelumnya sesuai dengan urutannya. Pada bagian ini, kita akan mempelajari tentang struktur kontrol dimana kita dapat mengubah cara eksekusi pada pernyataan yang dibuat di program kita.

Pada akhir pembahasan, diharapkan pembaca dapat :

  1. Menggunakan struktur kontrol pengulangan (while, do-while, for) untuk mengeksekusi blok tertentu pada program beberapa kali.
  2. Menggunakan pernyataan-pernyataan percabangan (break, continue, return) yang digunakan untuk mengatur arah dari aliran program.

Struktur Kontrol Perulangan While...loop

Struktur kontrol pengulangan adalah berupa pernyataan dari Java yang mengijinkan kita untuk mengeksekusi blok code berulang-ulang sesuai dengan jumlah tertentu yang diinginkan. Ada tiga macam jenis dari struktur kontrol pengulangan yaitu while, do-while, dan for-loops.

Bentuk pernyataan while,

while( boolean_expression ){

 

    statement1;

    statement2;

    . . .

 

  }

Pernyataan di dalam while loop akan dieksekusi berulang-ulang selama kondisi boolean_expression bernilai benar (true).

Contoh, pada kode dibawah ini,

int i = 4;

 

while ( i > 0 ){

 

  System.out.print(i);

  i--;

 

}

Perlu dicatat jika bagian i--; dihilangkan, akan menghasilkan pengulangan yang terus menerus (infinite loop).Sehingga, ketika menggunakan while loop atau bentuk pengulangan yang lain, pastikan Anda memberikan pernyataan yang membuat pengulangan berhenti pada suatu kondisi.

Klik di sini untuk meneju artikel Statement Percabangan Switch  . Penjelasan vidio terkait bisa di akses di youtube Mahasiswa Online.

Post a Comment

0 Comments