Ticker

6/recent/ticker-posts

Pengertian Bahasa pemograman Python - Apa itu Python ? - Belajar Pemograman

Hallo sahabat Mahasiswa Online, baik di sini kita akan membahas tentang pengertian bahasa pemograman Python.
Python adalah bahasa pemograman yang ditunjukan general-purpose programming dan temasuk dalam kategori level tinggi (high-level) programming. Python digunakan untuk berbagai macam permasalahan yang ada di pengembangan website ataupun mobile serta data science dll. Kenapa bahasa pemograman Python termasuk ke dalam kategori high-level programming language karena bahasa pemograman Python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh Programmer.

Bahasa pemograman Python ini diciptakan Guido van Rossum dan pertama kali dipublikasikan pada tahun 1991 sebagai sebuah proyek open-source, dengan kata lain setiap oranng bisa mengembangkan program komputer dengan menggunakan bahasa pemograman Python baik untuk komersil/non-komersil.

Berikut adalah list library Python yang dapat digunakan untuk Data Science

  • Numpy (numerical python) adalah library yang memudahkan dalam pendefinisian array (1D, 2D, 3D atau nD) dan digunakan  untuk komputasi aljabar linier.
  • Scipy (Scientific Python) merupakan library yang melengkapi numpy untuk keperluan komputasi saintifik lanjut seperti aljabar linier, integrasi dan diferensiasi numerik, transformasi Fourier, optimasi, interpolasi, statistik dan yang lainnya.
  • Pandas adalah library untuk pengolahan data dalam bentuk tabular (seperti excel) yang merupakan de facto library (pustaka yang umum digunakan dalam prakteknya) bagi data scientist dalam mengolah data dari berbagai sumber seperti file CSV, TSV, Excel, SQL queries, Google BigQuery, SAS, Stata, SPSS, dsb.
  • Matplotlib digunakan untuk visualisasi dari data ke dalam berbagai bentuk grafik 2D atau 3D, seperti line chart, bar chart, histogram, polar chart, error bar plot, dan jenis grafik lainnya.
  • Scikit-learn adalah Scipy Toolkit yang ditujukan untuk menghasilkan model prediktif dengan menggunakan machine learning.
  • Seaborn merupakan library yang dibuat dari matplotlib yang ditujukan oleh visualisasi grafik statistik dengan warna yang menawan, dan terintegrasi dengan baik dengan pandas.


Post a Comment

2 Comments