RUANG LINGKUP & IMPLEMENTASINYA
Dalam
Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI (2016) Informatika adalah ilmu
tentang pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, dan penyebaran
pengetahuan yang direkam. Selanjutnya, masih dalam KBBI, disisipkan pula bahwa
istilah informatika dapat merujuk pula pada hal-hal yang berkaitan dengan informasi;
usaha dalam bidang informasi.
Sementara
itu, menurut Tim Kemdikbud (2021, hlm. 3) Informatika adalah bidang ilmu
mengenai studi perancangan, dan pengembangan sistem komputasi, serta
prinsip-prinsip yang menjadi dasar perancangan dan pengembangan tersebut.
Dapat disimpulkan bahwa informatika adalah ilmu mengenai studi perancangan, pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, pengeluaran, serta pengembangan sistem komputasi dan prinsip-prinsip yang menjadi perancangan dan pengembangan sistem yang mengolah data, informasi, atau pengetahuan yang direkam hingga teknis penyebarannya.
Hardware
& Software
Salah
satu pemilahan pertama yang paling biasa dilakukan dalam bidang Informatika
adalah melihat dari wujud yang dipelajari atau ditekuninya terlebih dahulu. Yakni
menyangkut apakah kita akan membicarakan media fisiknya itu sendiri (komputer,
pheriperal, kabel jaringan, dsb), atau berupa perangkat non fisiknya (program,
aplikasi, website, dsb). Pemilahan ini biasa disebut dengan hardware (perangkat
keras) dan software (perangkat lunak).
Perangkat
keras komputer atau hardware adalah berbagai
komponen dari komputer yang bisa dilihat dan diraba secara langsung serta
berfungsu untuk mendukung proses komputerisasi (Ambarita, 2016, hlm. 2).
Contohnya meliputi: monitor, keyboard, processor, RAM, router, dsb.
Sementara
itu, masih diperkuat oleh pendapat Ambarita (2016, hlm. 17) Perangkat lunak
komputer atau software merupakan perangkat yang tidak dapat dilihat
dan diraba langsung namun dapat dilihat dan digunakan atau dioperasikan melalui
bantuan input dan ouputnya seperti keyboard, mouse, dan monitor. Klasifikasi
perangkat lunak, terdiri dari :
Perangkat
lunak sistem (operasi sistem) yang berfungsi untuk
“menjalankan” hardware seperti windows, mac os, android.
Perangkat
lunak program aplikasi yang digunakan untuk memanfaatkan teknologi
komputasi, seperti aplikasi kantoran ms. office, berbagai app di smartphone,
dsb. Selain itu, perangkat lunak program aplikasi juga dapat berwujud aplikasi
utility, seperti aplikasi untuk memperkecil ukuran file (zip), membagi partisi
storage, dsb.
Ruang
Lingkup Studi Informatika
Hingga
kini, terdapat beberapa bidang studi yang berkaitan erat dengan informasi serta
pengolahannya atau informatika secara umum, meliputi: teknik informatika,
teknik komputer, sistem informasi, manajemen informatika, dan ilmu komputer.
Hal ini karena informatika menyelubungi banyak cabang yang mempelajari lebih
spesifik pada suatu kajiannya saja. Secara umum, cakupan studi informatika
dapat meliputi :
Teknik
informatika
Mempelajari
teknis dan penerapan sistem komputasi dan berbagai prinsip-prinsip yang menjadi
perancangan serta pengembangan sistem pengolahannya (praktis namun umum).
Teknik informatika juga dapat mempelajari pengembangan sistem informasi, AI,
aplikasi konsumen, dsb. Coding (mengembangkan program/aplikasi), logika dasar,
diagram alir & proses perancangan sistem, hingga instalasi server untuk
keperluan pembangunan berbagai aplikasi akan dipelajari jika kita menekuni
studi ini.
Sistem
Informasi
Secara
spesifik langsung mempelajari berbagai hal mengenai sistem informasi, yang
merupakan produk konkret yang paling banyak digunakan di seluruh sektor
industri. Contohnya meliputi sistem informasi sumber daya manusia (SDM), sistem
informasi akuntansi & jurnal, dsb. Rekayasa perangkat lunak (coding) untuk
kebutuhan pengembangan sistem informasi dan teknik perancangannya akan
dipelajari dalam bidang studi ini. Selain itu, penggunaan serta pemaksimalan
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tingkat lanjutan untuk menyelesaikan
kebutuhan sistem informasi juga biasanya akan dipelajari pada bidang studi ini.
Teknik
Komputer
Lebih
fokus dalam mempelajari berbagai perangkat keras (hardware/gadget) yang
digunakan dalam bidang informatika yang dapat meliputi instalasi jaringan
komputer serta berbagai penyokongnya. Teknik komputer juga dapat bersinggungan
langsung dengan beragam mesin yang membutuhkan teknologi informasi dalam
mengoperasikannya. Biasanya, beberapa hal yang akan dipelajari meliputi
instalasi dan setup sistem operasi tingkat lanjut untuk kebutuhan server,
membangun jaringan local, setting security utuk memastikan keamanan jaringan,
hingga pengetahuan troubleshooting dan kepiawaian teknisi IT lainnya.
Ilmu
Komputer
Merupakan
bidang keilmuan komputer yang lebih ditujukan dalam mempelajari sistem
komputasi sebagai keilmuan dalam penelitian maupun bahan ajar, tidak berfokus
pada penerapannya. Bidang ini akan mempelajari berbagai fundamental komputasi,
metode penelitian tingkat lanjut, dan pengetahuan mendasar serta menyeluruh
lainnya yang bersangkutan dengan komputer.
Manajemen
Informatika
Manajemen
informatika lebih berfokus pada mempelajari perencanaan, pengaturan, hingga
evaluasi (quality control) suatu proyek pengembangan sistem informasi atau
berhubungan langsung dengan penggunaan teknologi informasi untuk
implementasinya di bidang manajemen. Fokus mempelajari berbagai prinsip dan
metode dalam bidang manajemen informatika mulai dari seperti Agile, SCRUM,
perancangan minimum system requirement, hingga diagram alir suatu sistem
aplikasi, dan implementasi manajemen lainnya dalam bidang informatika.
Implementasi/Aplikasi
Informatika
Informasi
adalah hal yang sangat berpengaruh di seluruh bidang kehidupan. Hampir seluruh
bidang dan industri pula, kini sangat bergantung pada informasi dalam
pelaksanaan hingga pengembangannya. Tak heran jika teknologi informasi sangat
dibutuhkan di mana-mana. Entah itu dari penanganan, pemakaian, dan instalasi
perangkat keras untuk operasional suatu pabrik, hingga sistem informasi SDM
(sumber daya manusia) yang dibutuhkan untuk memastikan prerekrutan hingga
kebutuhan penanganan staf sehari-hari di suatu perusahaan dapat berjalan dengan
lebih efisien dan efektif.
Rasanya
sudah tidak usah dipertanyakan lagi mengenai aplikasi informatika dalam
kehidupan sehari-hari hingga kehidupan profesional sekali pun. Implementasinya
dapat ditanamkan di mana saja, seperti bagaimana digitalisasi basis data di
seluruh sektor industri terus-menerus dilakukan untuk memastikan data terekap
dengan rapi dan akurat, serta pengolahannya dapat diotomatisasi dengan tingkat
kesalahan yang amat sangat minim.
Belum
lagi teknologi informasi juga kini semakin berhubungan langsung dengan unsur
fisik yang dahulu hanya dapat dilakukan secara offline saja. Kini, IoT atau
internet of things menjadi angin baru dalam membawa perubahan dan percepatan di
segala bidang pula. Belum lagi kebangkitan metaverse yang seakan menghilakan
sekat antara dunia maya dan dunia nyata semakin tiada.
Informatika
kini menjadi primadona revolusi industri baru
yang dahulu ditengarai oleh bidang manajemen. Tidak menutup kemungkinan pula
bahwa di masa depan nanti, informatika menjadi bidang yang harus ditekuni oleh
semua orang seperti bagaimana kini manajemen atau setidaknya administrasi harus
dikuasai oleh semua orang dalam melakukan usaha atau pekerjaan apa pun.
Malah
bisa jadi dalam tingkat ekstrim, di masa depan semua orang harus bisa
coding/programming, layaknya semua orang harus mampu membaca dan menulis di
masa kini.
Namun
demikian, perlu menjadi sorotan pula bahwa informatika tidak melulu mengenai
coding atau programming. Bisa jadi kita menggeluti perencanaan dan
perancangannya saja (manajemen informatika). Kita juga dapat menjadi seorang
pengguna perangkat lunak yang piawai hingga mampu mendapatkan sertifikasi
penggunaannya (ahli spreadsheet atau aplikasi rumit seperti SPSS & math
lab). Pemaksimalan penggunaan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) adalah
salah satu jalur untuk menempuh bidang IT pula.
2 Comments
keren
ReplyDeleteThankyou
Delete